Ensiklopedia Anak Shaleh

Kategori: Tingkat Pendidikan Dasar | 1419 Kali Dilihat
Ensiklopedia Anak Shaleh Reviewed by admin on . This Is Article About Ensiklopedia Anak Shaleh

. ENSIKLOPEDIA ANAK SHALEH Ensiklopedia Anak Shaleh (EDIAS) merupakan ensiklopedia anak dengan beragam topik keislaman yang sangat dibutuhkan oleh pelajar Tingkat Pendidikan Dasar dan Perpustakaan Umum serta Keluarga Muslim. Paket terdiri dari 12 jilid utama + 2 jilid (1 buku Evaluasi Diri + 1 buku TIPS dan TRIK bagi orang tua… Selengkapnya »

Rating: 5.0
Harga:Rp 3.900.000

Order via SMS

082261113130

Format SMS : ORDER#NAMA PRODUK#JUMLAH
Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU : ENAS
Stok Tersedia
20 Kg
23-03-2018
Detail Produk "Ensiklopedia Anak Shaleh"

.

ENSIKLOPEDIA ANAK SHALEH

Ensiklopedia Anak Shaleh

Ensiklopedia Anak Shaleh (EDIAS) merupakan ensiklopedia anak dengan beragam topik keislaman yang sangat dibutuhkan oleh pelajar Tingkat Pendidikan Dasar dan Perpustakaan Umum serta Keluarga Muslim. Paket terdiri dari 12 jilid utama + 2 jilid (1 buku Evaluasi Diri + 1 buku TIPS dan TRIK bagi orang tua dan guru) setiap jilidnya dilengkapi dengan “anotasi”, “glosarium”, dan “evaluasi diri”. Pada setiap halaman buku ini juga diperkaya dengan ilustrasi dan desain menarik sehingga enak dibaca dan tidak menjenuhkan.

Testimonial Ensiklopedia Anal Shaleh

PRODUCT KNOWLEDGE SUMMARY

LATAR BELAKANG

Pendidikan sebagai salah satu sarana untuk membangun generasi bangsa yang lebih baik. Pendidikan dapat meningkatkan kualitas generasi muda bangsa dalam berbagi aspek, setidaknya dapat mengurangi berbagai masalah budaya dan karakter bangsa. Pendidikan yang baik & berkarakter memiliki daya tahan dan dampak yang kuat di masyarakat. Sehingga wajar kalau dikatakan pendidikan sebagai salah satu faktor penting dalam pembentukan budaya dan karakter bangsa.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah mencanangkan 18 nilai-nilai dalam pendidikan karakter bangsa diantaranya adalah :

1. Religius, 2. Jujur, 3. Toleransi, 4. Disiplin, 5. Kerja Keras, 6. Kreatif, 7. Mandiri, 8. Demokratis, 9. Rasa ingin Tahu, 10. Semangat Kebangsaan, 11. Cinta Tanah Air, 12. Menghargai Prestasi, 13. Bersahabat, 14. Cinta Damai, 15. Gemar Membaca, 16. Peduli Lingkungan, 17. Peduli Sosial, 18. Tanggung Jawab.

Akhir-akhir ini kita menyaksikan perilaku keagamaan yang sangat menakutkan. Berbagai gesekan tak jarang muncul ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat. Hanya karena masalah sepele, antar kampung saling serang; hanya karena hutang seseorang tega membunuh temannya; hanya karena untuk memenuhi kebutuhan sekundernya rela mencuri.

Belum lagi lunturnya agama dalam kehidupan para remaja kita. Lihatlah, bagaimana perilaku amoral begitu nyata terjadi di masyarakat. Perkosaan, perzinahan, aborsi, pergaulan bebas, itu semua adalah realitas kehidupan yang harus kita benahi. Belum lagi mulai kosongnya masjid, mushalla, dan madrasah-madrasah karena generasi muda kita lebih memilih televisi dan internet.

Sudah seharusnya saat ini pemerintah memberikan perhatian lebih besar pada kurikulum yang menitik beratkan pada pendidikan budaya dan karakter bangsa dibandingkan kurikulum pada masa sebelumnya.

DASAR PEMIKIRAN

Dalam upaya peningkatan mutu proses belajar-mengajar bagi anak didik tingkat pendidikan dasar (SD – SMP) pada khususnya dan bagi anak didik tingkat pendidikan menengah pada umumnya terutama yang menitik beratkan pada pendidikan akhlak mulia serta pendidikan yang berkarakter bagi pelajar Indonesia.

MAKSUD DAN TUJUAN

Menyediakan bacaan yang berkualitas sebagai penunjang pendidikan tingkat dasar (SD/MI – SMP/MTs)

KEUTAMAAN DAN KEUNGGULAN ENSIKLOPEDIA ANAK SHALEH

Ensiklopedia Anak Shaleh ini sangat instimewa dan mengagumkan, dikarenakan tampilannya yang menarik dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak dan materinya yang sistematis, lebih dari itu semua Ensiklopedia Anak Shaleh ini menggambarkan bangunan ilmu islam yang utuh dan sempurna jika diperhatikan urutan isinya dari jilid 1 sampai jilid 12 + 2 buku (evaluasi diri + Tips & Trik), oleh karenanya buku ini perlu dimiliki oleh lembaga-lembaga pendidikan yang
mencanangkan kemajuan bagi para anak didiknya khususnya tingkat pendidikan dasar (SD/MI – SMP/MTs) sangatlah tepat menjadikannya sebagai referensi materi pendidikan.

SEGMENTASI

Sasaran utama pengguna buku Ensiklopedia Anak Shaleh ini dapat dikelompokan menjadi beberapa bagian berdasarkan kebutuhan, sebagai berikut :

PRIMER

Seluruh pelajar (peserta didik) khususnya pelajar pada tingkat pendidikan dasar (SD/MI – SMP/MTs)

SEKUNDER

Para pendidik (guru) maupun orang tua yang ingin membekali anak didiknya dengan bacaan bermutu sehingga dapat diharapkan nantinya menjadi pelajar yang berkarakter serta berguna bagi bangsa dan negara.

GEOGRAFIS

Semua lembaga pendidikan atau sekolah pada jenjang pendidikan dasar di Provinsi maupun Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Penjelasan Per JIlid - Ensiklopedia Anak Shaleh

.

Buku 1

MENGENAL ISLAM

Menyajikan topik bahasan seputar Islam secara umum. Pelajar diajak untuk mengenal lebih jauh tentang Islam sebagai akidah (agama tauhid) sekaligus sumber budaya dan peradaban umat Islam. Jilid ini juga menyajikan pembahasan tentang bagaimana seorang muslim mengenal identitas dirinya, juga mengenal amalan-amalan dasar dan utama yang harus dilakukan. Penyajian materinya dikemas dengan bahasa yang ringan dan mudah dicerna sehingga lebih mudah untuk dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Ibarat sebuah kisah berseri, “Mengenal Islam” adalah pintu masuk pertama yang mengenal dan memahami lebih lanjut pada jilid berikutnya di dalam Ensiklopedia Anak Shaleh

Buku 2

RUKUN IMAN

Menyajikan pembahasan seputar Rukun Iman yang enam : 1) Iman kepada Allah; 2) Iman pada Malaikat; 3) Iman pada Kitab-kitab Suci; 4) Iman pada Rasul; 5) Iman pada Hari Akhir; 6) Iman pada Takdir (Qadha dan Qadar). Pembahasan seputar “Rukun Iman” disajikan secara berimbang antara isi dan contoh sehingga lebih mudah untuk dipahami dan diamalkan. Penyajiannya didasarkan pada penjelasan yang ada di dalam Al-Qur’an, Hadis Muhammad Saw, dan keterangan para ulama. Beberapa topik seperti alam kubur, Padang Mahsyar, Surga dan Neraka, juga dibahasa dalam Jilid 2 ini.

Buku 3

RUKUN ISLAM

Menyajikan Rukun Islam yang lima : 1) Syahadatain (dua kalimat syahadat); 2) Shalat; 3) Puasa; 4) Zakat; 5) Haji. Pembahasan dalam Jilid 3 ini relatif lengkap dan sistematis; dimulai dari arti dan sejarah setiap topik bahasan, hingga pengalaman dan hikmahnya. Penyajian “Rukun Islam” di dalam jilid ini dikemas secara sederhana tetapi cukup lengkap, karena meliputi pemahaman dasar (konsep) dan aplikasi dari setiap topik bahasan.

Buku 4

SUMBER AJARAN ISLAM

Tema pokok yang dibahas adalah 3 hal : 1) Al-Qur’an; 2) Hadis Nabi Muhammad SAW; dan 3) Ijtihad. Al-Qur’an merupakan sumber pertama dan utama bagi umat Islam. Hadis Nabi Muhammad SAW merupakan sumber ajaran kedua bagi umat Islam. Sedangkan Ijtihan adalah sumber ketiga sebagai upaya para ulama untuk membangun kemaslahatan (kebajikan) bagi umat Islam. “Sumber Ajaran Islam” juga membahas rincian dari ketiga tema pokok tersebut, seperti soal Mazhab, bentuk-bentuk ijtihad, dan metode atau cara tertentu yang dipakai para ulama dalam menghadapi berbagai problematika umat Islam.

Buku 5

AKHLAK ANAK SHALEH

Bagian ini berisi dasar-dasar yang perlu dipelajari dan diamalkan oleh setiap anak muslim. Beberapa pembahasan penting yang disajikan di dalam jilid 5 ini adalah : 1) Akhlak pada Allah SWT; 2) Akhlak pada Rasulullah SAW; 3) Akhlak pada Orang Tua; 4) Akhlak pada Anggota Keluarga; 5) Akhlak pada Guru; 6) Akhlak pada Tetangga; 7) Akhlak di Tempat Ibadah; 8) Akhlak di Pasar; dan 9) Akhlak di Tempat Umum. Dengan membaca “Akhlak Anak Shaleh”, diharapkan anak-anak dapat memahami dan mengikuti Akhlak Islami sesuai dengan petunjuk yang ada di dalam Al-Qur’an, hadis Rasulullah SAW, dan nasehat para ulama.

Buku 6

SIFAT ANAK SHALEH

Jilid ini berisi tujuh sifat luhur yang harus tertanam pada setiap jiwa anak muslim : 1) Ikhlas; 2) Sabar; 3) Jujur; 4) Tawadhu (Rendah Hati); 5) Tawakal (berserah diri kepada Allah SWT); 6) Dermawan; 7) Optimis (pantang putus asa). Ketujuh sifat luhur dan baik ini, disajikan dengan bahasa yang komunikatif dan aplikatif. Pembahasan di dalam jilid 6 ini disajikan secara sederhana, lengkap, dan di setiap bahasan diberikan contoh-contoh nyata yang berkaitan dengan kehidupan anak sehari-hari. “Sifat Anak Shaleh” disajikan sebagai panduan sekaligus bimbingan bagi setiap anak agar bisa memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan baik dan benar.

Buku 7

NABI MUHAMMAD IDOLAKU

Menyajikan aspek-aspek kehidupan penting pada pribadi Nabi Muhammad SAW. “Nabi Muhammad Idolaku” disajikan secara ringkas namun lengkap; dimulai dari masa kelahiran hingga wafatnya Nabi Muhammad SAW. Di dalam jilid 7 ini juga dibahas berbagai peran yang dijalankan oleh Nabi Muhammad SAW, mulai dari hidup sebagai anak yatim, sebagai ayah dan kakek, sampai sebagai pemimpin umat Islam. Jilid 7 ini disajikan dalam kemasan bahasa pelajar yang ringan dan mudah dipahami. Dengan membaca topik ini, diharapkan akan terbentuk minat dan semangat untuk meneladani keluhuran akhlak Nabi Muhammad SAW.

Buku 8

MENGENAL PARA NABI

Memperkenalkan lebih dekat pada pelajar tentang kehidupan para Nabi dan Rasul yang wajib diketahui. Mereka berjumlah 25 orang. Dalam jilid 8 ini dibahas 24 para Nabi dan Rasul Allah (khusus Nabi Muhammad SAW sudah dibahas tersendiri pada Jilid 7). Pembahasan para Nabi dan Rasul Allah itu disajikan secara ringkas dan sederhana. Beberapa hal penting yang disajikan adalah meliputi kehidupan dalam keluarga, dakwah, kejadian penting dan istimewa, dan lainnya. Dengan membaca “Mengenal Para Nabi”, pelajar diharapkan bisa meneladani keluhuran akhlak para Nabi pilihan Allah SWT dan bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Buku 9

SAHABAT NABI

Menampilkan seri sahabat Nabi Muhammad SAW. Mereka adalah para sahabat yang memiliki kekhasan dan kelebihan tersendiri yang juga masuk dalam kategori as-S.biq.n al-Awwal.n (Orang-orang yang pertama masuk Surga). Sebagian dari mereka adalah orang-orang terdekat Nabi Muhammad SAW (yaitu istri-istri beliau) yang di dalam jilid 9 ini hanya diambil 2 orang yang paling menonjol, yakni Khadijah RA dan Aisyah RA. Sebagian lagi adalah sahabat senior yang menggantikan kepemimpinan Rasululullah SAW, yaitu empat kalifah yang dikenal dengan sebutan Khulafa’Rasyidin: Abu Bakar RA, Umar RA, Utsman RA, dan Ali RA. Sebagian lagi adalah para sahabat yang memiliki keistimewaan karena berhasil melewati ujian berat dalam mempertahankan agama Islam. Banyak lagi sahabat Rasulullah SAW yang kesemuanya bisa dibaca dalam “Seri Sahabat Nabi” ini.

Buku 10

ILMUAN MUSLIM

Menyajikan 10 tokoh (ilmuan) muslim terkenal dan berpengaruh di dunia sains dan teknologi: 1) Ibnu Hayyan (Bapak Kimia Pertama); 2) Al-Khawarizmi (Penemu konsep Algoritma dan Aljabar); 3) Al-Kindi (Bapak Filsafat dan Fisika); 4) Ar-Razi (Ahli Kedokteran Klinis); 5) Al-Farabi (Ahli Logika dan Musik); 6) Ibnu Aitsam (Peneliti Pertama Bidang Optik); 7) Al-Biruni (Ahli Gravitasi); 8) Ibnu Sina (Bapak Kedokteran Pertama); 9) Al-Idrisi (Ahli Geografi dan Penemu Globe); dan 10) Ibnu Khaldun (Bapak Sosiologi dan Ekonomi Modern). Mereka adalah ilmuan muslim yang memberi banyak inspirasi bagi perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia Barat. Dengan “Seri Ilmuan Muslim” ini diharapkan dapat menjadi bekal dan motivasi positif bagi anak-anak agar lebih bersemangat untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Buku 11

PERISTIWA BERSEJARAH DALAM ISLAM

Membahas banyak topik yang berkaitan dengan peristiwa penting dalam sejarah umat islam. Di antara topik-topik menarik itu adalah : Maulid Nabi Muhammad SAW; Dua Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha); Nuzulul Qur’an; Isra’ dan Mi’raj; Tahun Baru Islam; Piagam Madinah; Masa Kejayaan Islam; Islam masuk ke berbagai negara di Eropa, Amerika, Timur Tengah, dan Asia, termasuk Indonesia. Banyaknya topik yang disajikan dalam “Peristiwa Bersejarah dalam Islam” ini, tentu akan menambah cakrawala pengetahuan dan pemahaman anak-anak tentang sejarah dan peradaban Islam.

Buku 12

WARISAN SUCI BERSEJARAH

Menyajikan 8 topik penting yang menjadi simbol dan ritual keagamaan umar Islam sepanjang masa : 1) Ka’bah; 2) Hajar Aswad; 3) Maqam Ibrahim; 4) Hijir Ismail; 5) Sumber Air Zamzam; 6) Masjidil Haram; 7) Masjid Nabawi; 8) Masjidil Aqsha. “Warisan Suci Bersejarah” menampilkan banyak peristiwa penting yang mengiringi bangunan dan benda-benda suci bersejarah tersebut. Disamping itu, delapan topik ini termasuk warisan suci yang dinamis dan senantiasa dirujuk dalam perjalanan peradaban umat Islam sepanjang masa, sejak Nabi Adam AS hingga Nabi Muhammad SAW yang dilestarikan dan diamalkan secara abadi oleh setiap umat Islam

Buku 13

EVALUASI DIRI

Buku ini adalah bentuk evaluasi yang berfungsi untuk menguji kemampuan pemahaman seorang anak, berbeda dengan bentuk evaluasi pada umumnya, evaluasi diri dari Ensiklopedia Anak Shaleh ini lebih menekankan pada pola atau model evaluasi yang lebih komunikatif dan interaktif antara anak dan orang tua atau guru sebagai pendidik mereka bisa mengevaluasi perkembangan kognitif (daya pikir), afektif (daya sikap), dan psikomotorik (daya perilaku) dengan cara mengajukan sejumlah pertanyaan yang ada di dalam buku evaluasi diri ini.

Buku 14

TIPS & TRIK

Tips & trik adalah buku panduan praktis bagi orang tua dan guru yang berisi 8 topik: 1) Ibadah; 2) Dunia Ghaib; 3) Pendidikan; 4) Sikap dan Perilaku; 5) Kesehatan; 6) Dunia Bermain dan Petualangan; 7) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi; 8) Lingkungan Hidup.

Tips & Trik merupakan bonus dari pembelian Ensiklopedia Anak Shaleh yang disusun berdasarkan pertimbangan bahwa sebagian besar problem umum yang dihadapi guru dan orang tua dalam mendidik anak adalah berkaitan dengan 8 topik di atas.

Kehadiran buku ke 14 (Tips & Trik) ini dimaksudkan untuk menambah kelengkapan dari 12 Buku utama yang ada, disajikan dengan bahasa dan bahasan yang ringan dan informatif, sehingga mudah dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tag: , , , , , , , ,

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter